Cara membuat "Hello World" di Python

 


Haloo semua, kembali lagi di blog "Gap Tek", seneng rasanya bisa menulis artikel lagi dan berbagi ilmu dengan kalian semua. Nah di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat suatu program python serta cara menjalankan program tersebut,OS yang saya gunakan ini adalah Ubuntu versi 16.04. Sebelum kita memulai membuat program python, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu python. Python adalah suatu bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk program CLI, program Dekstop, pembuatan website, pembuatan game, hacking, dll.

Kelebihan bahasa pemrograman python ini adalah:
  1. Cepat dan Efektif
  2. Mudah dipahami
  3. Banyak digunakan oleh perusahaan - perusahaan besar contoh google, dropbox, reddit, quora, dll
Sekarang kalian buka text editor yang kalian suka, disini saya menggunakan text editor vim, jika kalian mau ikutin yang saya pakai juga tak apa. Disini saya buat folder baru bernama 'latihan_python' seperti gambar di bawah ini :


Lalu ketikkan: vim hello_world.py


Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:


Jika kita mau mulai mengetik sesuatu di vim, ketik tombol 'i' di keyboard kalian lalu ketikkan perintah seperti gambah di bawah ini: 


Jika sudah, kalian ketik tombol 'esc' seperti gambar di bawah ini:


Jika kalian amati baik - baik, terlihat adanya perbedaan. Perhatikan bagian pojok kiri bawah pada gambar di atas, tulisan 'insert-nya' hilang bukan !. Nah kita akan keluar dari vim dan menyimpan perintah yang sudah kita ketik tadi dengan mengetikkan  ':wq' 


Jika sudah kita jalankan program cara berikut ini :


Kemudian tekan enter dan akan keluar hasil seperti ini:


Yeaayyyy, akhirnya kita berhasil mengeluarkan output "hello world" dengan mudah, nah pasti ada pertanyaan, Mengapa menggunakan python3? jawabannya karena sedang ingin saja menggunakan python versi 3, tapi bisa juga kalian menjalankan perintah seperti gambar dibawah ini:


Betapa mudahnya membuat "hello world" di python bukan ?. Sekian dulu arikel kali ini, jika ada pertanyaan boleh tanya di kolom komentar, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman atau kerabat kalian ya, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Install Sublime Text via Teminal Linux